Sabtu, 25 Juni 2016

AKUNTANSI INTERNASIONAL TUGAS 13 MINGGU 14 ( TUGAS KELOMPOK )

Anggota :
  • Kartika Ratna Sari W  ( 24212034 )
  • Shintya Permatasari    ( 26212989 )
  • Yodawan Saputra        ( 27212813 )

Kelas : 4EB12

4. MERGER DAN AKUISISI LINTAS BATAS NEGARA

Merger merupakan istilah untuk sinergi operasi atau skala ekonomi akuntansi yang memainkan peranan penting dalam mega konsolidasi yang merupakan angka-angka yang dihasilkan oleh akuntansi yang sifatnya mendasar dalam proses penilaian perusahaan. Perhatian utama perusahaan yang akan melakukan akuisisi adalah ketika sedang memberikan tawaran atas target asing yaitu sejauh apa faktor earning yang dapat dihasilkan bila dibandingkan dengan hasil dari perbedaan pengukuran akuntansi. 

Merger lintas batas dan akuisisi terdiri dari dua jenis Inward dan Outward. Inward lintas perbatasan melibatkan pergerakan modal ke dalam karena penjualan sebuah perusahaan domestik untuk investor asing. Sebaliknya luar lintas perbatasan melibatkan pergerakan modal ke luar karena pembelian sebuah perusahaan asing. Semakin banyak perusahaan ingin go global karena mereka menawarkan peluang besar yang merupakan pilihan relatif lebih murah bagi perusahaan untuk membangun dirinya sendiri secara internal. Melihat adanya merger dan akuisisi di seluruh dunia menunjukkan bahwa penekanan bisnis akuisisi berubah dari dalam negeri untuk menyeberangi perbatasan transaksi karena berbagai manfaat yang ditawarkan. 

Perbedaan aturan pengukuran akuntansi dapat menimbulkan arena bermain yang tidak sebanding dalam pasar untuk memperoleh kendali perusahaan. Dengan demikian, jika perusahaan A di negara A diperbolehkan untuk menempatkan muhibah (goodwill) yang dibeli langsung sebagai cadangan, sedangkan perusahaan B di negara B harus mengamortisasikan goodwill yang dibeli ke dalam laba, maka perusahaan A mungkin akan memperoleh keunggulan penawaran bila dibandingkan perusahaan B ketika sedang mencoba mengakuisisi suatu target perusahaan. Perusahaan A dapat menawarkan harga pembelian yang lebih tinggi, hal ini karena perusahaan A tidak mengurangi pendapatannya dari kelebihan premium yang dibayarkan.

Adapun pengaruh Lintas Batas Merger dan Akuisisi
Umumnya telah diamati bahwa merger lintas batas dan akuisisi adalah restrukturisasi aset industri dan struktur produksi secara di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan transfer global teknologi, modal, barang dan jasa dan terintegrasi untuk jaringan universal. Lintas batas M&Lead A untuk skala ekonomi dan ruang lingkup yang membantu dalam mendapatkan efisiensi. Selain itu juga manfaat ekonomi seperti peningkatan produktivitas negara tuan rumah, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan terutama jika kebijakan yang digunakan oleh pemerintah menguntungkan. Dan berikut ini merupakan efek-efek yang lebih terinci :
  • Penumpukan modal. Merger lintas batas dan akuisisi berkontribusi dalam akumulasi modal secara jangka panjang. Dalam rangka memperluas bisnis mereka tidak hanya melakukan investasi pada tanaman, bangunan dan peralatan, tetapi juga dalam aset tidak berwujud seperti pengetahuan teknis, keterampilan bukan hanya bagian fisik dari modal.
  • Penciptaan lapangan kerja. Kadang-kadang terlihat bahwa M&A yang dilakukan untuk mendorong restrukturisasi dapat menyebabkan perampingan tetapi akan menyebabkan keuntungan kerja dalam jangka panjang. Perampingan ini kadang-kadang penting untuk kelangsungan operasi. Ketika dalam jangka panjang bisnis memperluas dan menjadi sukses itu akan menciptakan lapangan kerja baru.
  • Teknologi penyerahan. Ketika perusahaan di seluruh negara datang bersama-sama itu menopang efek positif dari transfer teknologi, berbagi keterampilan manajemen terbaik dan praktek dan investasi dalam aset tidak berwujud dari negara tuan rumah. Hal ini pada gilirannya menyebabkan inovasi dan memiliki pengaruh pada operasi perusahaan. Contohnya, penggabungan antara Daimler dan Chrysler menciptakan sebuah perusahaan mobil besar yang peringkat di seluruh dunia ketiga dalam hal pendapatan dan kapitalisasi pasar dan kelima dalam hal jumlah unit yang mereka jual. Perusahaan baru memiliki 442,000 karyawan dan kapitalisasi pasar mendekati $100 miliar siap untuk mengambil keuntungan dari sinergi dalam penjualan ritel dan distribusi, pembelian, desain produk, dan penelitian dan pengembangan. Mereka yakin bahwa perusahaan baru yang terbentuk akan memanfaatkan peluang pertumbuhan besar dalam hal cakupan geografis dan segmen produk.
  • Cross Border Merger dan Akuisisi- Isu dan Tantangan. Melihat dinamika yang mendasari menyeberangi perbatasan merger dan akuisisi yang cukup mirip dengan negeri M&A. Namun karena mantan besar dan internasional di alam mereka menimbulkan tantangan unik tertentu dalam hal yang berbeda ekonomi, struktur hukum dan budaya. Mungkin ada perbedaan besar dalam hal selera dan preferensi pelanggan, praktek bisnis, budaya yang dapat menimbulkan sebagai ancaman besar bagi perusahaan untuk memenuhi tujuan strategis mereka. Dalam bagian ini mari kita bahas masalah ini dan tantangan singkat.
  • Kekhawatiran politik. Skenario politik bisa memainkan peran kunci dalam perbatasan merger dan akuisisi lintas, terutama untuk industri yang sensitif secara politis seperti pertahanan, keamanan dll. Tidak hanya mempertimbangkan aspek-aspek ini juga penting kekhawatiran dari pihak seperti instansi pemerintah (federal, negara bagian dan lokal), karyawan, pemasok dan semua lain yang berminat harus ditangani setelah rencana merger diketahui publik. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu mungkin ada persyaratan pemberitahuan sebelumnya dan diskusi dengan serikat buruh dan pihak terkait lainnya. Hal ini penting untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi konsekuensi politik sekarang atau mungkin untuk menghindari kemungkinan risiko politik yang timbul.
  • Tantangan budaya. Hal ini bisa menimbulkan ancaman besar bagi keberhasilan perbatasan merger dan akuisisi lintas. Sejarah telah melihat merger besar yang gagal karena masalah budaya mereka memiliki. Jika ada transaksi lintas batas ada masalah yang timbul karena ruang lingkup geografis dari kesepakatan. Berbagai faktor seperti perbedaan latar belakang budaya, kebutuhan bahasa dan praktek bisnis yang berbeda telah menyebabkan merger gagal meskipun berada dalam usia di mana kita bisa langsung berkomunikasi. Penelitian mengusulkan bahwa perselisihan antar merupakan salah satu pointer utama kegagalan dalam merger lintas batas dan akuisisi. Oleh karena itu terlepas dari apa tujuan di balik aliansi ini adalah bisnis harus menyadari dari terancamnya budaya dan prospek yang datang bergandengan tangan dengan proses amalgamasi dan menyiapkan tenaga kerja mereka untuk mengelola isu-isu ini. Untuk menghadapi tantangan tersebut perusahaan perlu berinvestasi baik jumlah waktu dan usaha untuk menyadari budaya lokal untuk gel dengan karyawan dan pihak terkait lainnya. Lebih baik ke lebih berkomunikasi dan sesuai hal-hal tanpa lelah akan menjadi kunci.
  • Pertimbangan hukum. Perusahaan yang ingin bergabung tidak bisa mengabaikan tantangan untuk memenuhi berbagai masalah hukum dan peraturan yang mereka cenderung wajah. Berbagai undang-undang yang berkaitan dengan keamanan, hukum perusahaan dan persaingan terikat menyimpang dari satu sama lain. Oleh karena itu sebelum mempertimbangkan kesepakatan penting untuk meninjau peraturan ketenagakerjaan, undang-undang antitrust dan persyaratan kontrak lainnya yang harus ditangani. Undang-undang ini sangat banyak bagian dari kedua sementara kesepakatan ini dalam proses dan juga setelah kesepakatan telah ditutup. Selama menjalani proses meninjau masalah ini bisa menunjukkan bahwa potensi merger atau akuisisi akan benar-benar kompatibel dan karena itu dianjurkan untuk tidak pergi ke depan dengan kesepakatan.
  • Pertimbangan pajak dan akuntansi. Masalah pajak sangat penting terutama ketika datang ke penataan transaksi. Proporsi utang dan ekuitas dalam transaksi yang terlibat akan mempengaruhi pengeluaran pajak; maka pemahaman yang jelas tentang hal yang sama menjadi signifikan. Faktor lain untuk memutuskan apakah struktur aset atau pembelian saham adalah masalah pajak pengalihan. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko pajak. Negara juga mengikuti kebijakan akuntansi yang berbeda meskipun penerapan IFRS telah mengurangi ini sampai batas; banyak negara belum menerapkannya. Jika pihak dalam merger sangat menyadari tentang keuangan dan akuntansi istilah dalam kesepakatan, itu akan membantu dalam meminimalkan kebingungan.
  • Due diligence.  Due diligence merupakan bagian yang sangat penting dari M&Sebuah proses. Selain hukum, isu-isu politik dan regulasi kita bahas di atas ada juga infrastruktur, mata uang dan risiko lokal lainnya yang membutuhkan penilaian menyeluruh. Due diligence dapat mempengaruhi syarat dan kondisi di mana M&Sebuah transaksi akan berlangsung, mempengaruhi struktur kesepakatan, mempengaruhi harga kesepakatan. Ini membantu dalam mengungkap daerah bahaya dan memberikan tampilan rinci dari transaksi yang diusulkan. Ada yang tak terhitung jumlahnya masalah lain karena setiap kesepakatan memiliki rasa dan perbedaan sendiri. Tapi itu tentu saja sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan tersebut untuk membantu menutup kesepakatan. Meskipun merger Daimler-Chrysler menunjukkan gambar kemerahan gagal. Ya itu adalah salah satu yang paling terkenal dari semua merger internasional yang berakhir pada tanggal kegagalan. Mari kita lihat apa yang salah dan mana yang isu-isu yang menyebabkan kegagalan. Analis telah sepakat pada kenyataan bahwa ketidakcocokan budaya adalah salah satu alasan utama untuk penurunan. Melihat struktur organisasi Daimler sebuah organisasi yang sangat baik berjenjang dengan rantai komando yang jelas dan menghormati otoritas. Chrysler, di sisi budaya lainnya, disukai tim-berorientasi dan tak terbatas pendekatan yang lebih. Ada kurangnya harmonisasi, menentang gaya kerja dan nilai-nilai budaya antara manajer Amerika dan Jerman. Selain itu ada kurangnya parah kepercayaan di antara karyawan. Semua masalah ini dan upaya Daimler-Benz untuk menjalankan operasi Chrysler USA dengan cara yang sama operasi Jerman yang, menyebabkan kegagalan.

5. INTERNASIONALISASI PASAR MODAL

Faktor yang mungkin banyak menyumbangkan perhatian lebih terhadap akuntansi internasional di kalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar akuntansi, dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasar modal seluruh dunia. Data statistic memperlihatkan bahwa dalam arus modal lintas batas Negara telah melonjak naik menjadi lebih dari dua puluh kali lipat sejak 1990. Sementara itu, nilai penawaran sekuritas internasional telah melonjak lebih dari empat kali lipat dalam periode yang sama dan saat ini telah melampaui nilai lebih dari 1,5 triliun dolar.

Dengan makin terintegrasinya pasar keuangan, terjadi adanya peningkatan dalam jumlah perusahaan yang terdaftar pada berbagai bursa efek di seluruh dunia. Sejumlah perusahaan asing dan domestik yang terdaftar pada berbagai bursa efek utama yang ada di dunia. Selama lebih dari 10 tahun, kapitalisasi pasar modal dunia telah bertambah lebih dari dua kali lipat hingga mendekati angka sekitar 40 triliun dolar. Beberapa dari peningkatan yang paling mengesankan terjadi justru si pasar-pasar keuangan yang sedang berkembang. Indeks performa bursa saham untuk akhir 2005 dalam kurs mata uang asing local dan zona waktu internasional. Transaksi yang terjadi di bursa saham negara-negara yang secara ekonomi sedang berkembang secara umum melampaui performa transaksi di negara-negara industry yang telah maju. Tiga wilayah dengan pasar modal terbesar adalah wilayah benua Amerika, Asia-Pasifik dan Eropa, termasuk juga di dalamnya Afrika dan Timur Tengah.

  • AMERIKA. Ekonomi AS dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpa henti selama tahun 1990-an. Saat ini, baik NYSE maupun NASDAQ mendominasi bursa efek lain di seluruh dunia dalam hal kapitalisasi pasar, nilai perdagangan saham domestik, nilai perdagangan saham asing (di luar Bursa Efek London-LSE), jumlah perusahaan domestik yang mencatatkan saham dan jumlah perusahaan asing yang mencatatkan sahamnya. Namun, di Amerika sekalipun, kuatnya tuntutan kompetisi global juga makin dirasakan. Dan Komite Pengaturan Pasar Modal menetapkan bahwa Amerika Serikat akan kehilangan pengaruhnya dalam pasar modal dunia kecuali jika Amerika merampingkan berbagai ketetapan peraturan permodalannya, yang oleh pasar dirasa terlalu memberatkan.
  • EROPA BARAT. Eropa adalah wilayah pasar ekuitas terbesar di dunia dalam hal kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Perluasan ekonomi secar signifikan turut menyumbangkan pertumbuhan pasar ekuitas Eropa yang cepat selama paruh kedua tahun 1990-an. Faktor terkait di Eropa Kontinental adalah perubahan perlahan menuju orientasi ekuitas yang sudah lama menjadi cirri-ciri pasar ekuitas London dan Amerika Utara. Privatisasi yang dilakukan terhadap banyak perusahaan banyak perusahaan besar mili pemerintah telah membuat pasar ekuitas Eropa menjadi lebih penting dan menarik investor non-institusional (non-lembaga), yang hingga pasar Eropa telah tumbuh seiring dengan keberhasilan Persatuan Moneter Eropa (European Monetary Union). Persaingan terus-menerus di antara bursa efek Eropa ikut berpean dalam membangun kultur pasar modal. Selama kurun 1990, pasar modal di benua Eropa telah menjadi makin terarahkan pada kepentingan para investor untuk meningkatkan kredibilitas mereka dan untuk menarik minat para investor baru. Investor eksternal, secara khusus berarti investor luar negeri dan investor institusional, dewasa ini makin menuntut keterbukaan pasar dalam segala segi dan makin menuntut peningkatan tata kelola perusahaan.
  • ASIA. Hingga akhir-akhir ini, banyak ahli yang memperkirakan Asia akan menjadi wilayah pasar ekuitas kedua terpenting. Beberapa pengkritik berpendapat bahwa pengukuran akuntansi, pengungkapan, dan standar auditing di Asia serta pengawasan dan penegakkan implementasi standar tersebut lemah. Beberapa pemerintah Negara di Asia secara periodik mengumumkan bahwa mereka akan melakukan intervensi dalam pasar ekuitas untuk meningkatkan harga saham dan memanipulasi pasar bukanlah hal yang tidak umum.

6. PENCATATAN DAN PENERBITANSAHAM LINTAS BATAS NEGARA

Gelombang minat melakukan pencatatan saham lintas batas negara tidak merupakan fenomena kesempatan. Bukti menunjukkan bahwa peusahaan penerbit saham bermaksud melakukan pencatatan lintas-batas di Eropa untuk memperluas kelompok pemegang saham.  egulator nasional dan bursa efek sangat berkompetisi dalam pencatatan saham asing dan volume perdagangan, yang merupakan hal penting bagi bursa efek yang berkeinginan untuk menjadi atau mempertahankan posisi sebagai pemimpin global. Sebagai respons, bursa efek dan regulator pasar Eropa telah bekerja untuk membuat akses masuk yang lebih cepat dan lebih murah bagi para perusahaan asing penerbit saham dan pada saat yang bersamaan meningkatkan kredibilitas mereka. Oleh karena pasar modal menjadi makin khusus, setiap pasar menawarkan manfaat unik untuk para penerbit asing.

Banyak perusahaan Eropa mengalami kesulitan ketika memutuskan dimana meningkatkan jumlah modal atau mencatatkan sahamnya. Pengetahuan mengenai berbagai pasar ekuitas dengan hokum, aturan dan karakter kelembagaan yang berbeda sangat diperlukan saat ini. Hal yang juga diperlukan adalah pemahaman mengenai bagaimana karakteristik perusahaan penerbit saham dan bursa efek saling berhubungan.

SUMBER :
Choi, Frederick D. S. dan Gary K. Meek. International Accounting. Buku 2 Edisi 6. 2010: Salemba Empat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar